Ditya's Blogger | Menulis Asik!



"Apa yang paling sulit saat mulai menulis sesuatu ?"

Awal 2016, aku dan 19 teman ku yang tergabung dalam suatu kegiatan kepenulisan di Perpustakaan Daerah juga pernah dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu.

"Menentukan tema !"

"Menentukan ide pokok !"

"Membuat jalan cerita menjadi menarik !"

"Konsistensi kata ganti orang pertama dan orang ketiga !"

"Jumpscare (?)"

"Membuatnya menjadi unpredictable (?)"

Kala itu, pembimbing kami masih mengerutkan dahi tanda belum menemukan jawaban yang sesuai. Kami tak bersuara. Dia menarik nafas panjang.

"Yang paling sulit dalam memulai sebuah tulisan adalah KALIMAT PERTAMA"

Saling pandang dalam kebingungan. Aku berpikir jawaban tadi BENAR. Dominan orang-orang menentukan apakah tulisan yang mereka baca menarik atau tidak dari kalimat pertama. Saya sendiri juga begitu, jika kalimat pertama-nya menarik maka akan saya teruskan membaca.

Kalimat pertama juga menentukan seperti apa penulis-nya. Jika kalimat pertama-nya jelek, maka dapat dipastikan dia tidak bisa merangkai kata dengan baik. Begitupun dengan kalimat pertama yang terasa seperti tulisan anak SD ("Halo teman-teman!", "Liburan ku terasa menyenangkan tahun ini...", dan lain-lain) sudah dapat dipastikan penulisnya adalah anak-anak dari umur 7 - 14 tahun.

Aku pribadi sangat menyukai menulis, aku mulai nge-blog sejak SMP kelas 1. Mulai dari review-review games android, share aplikasi android dan masih banyak lagi. Tapi sekarang aku berfokus kepada blog ini saja. Ide kadang muncul disaat yang tak terduga, seperti saat aku menulis artikel ini. Aku sedang mendengarkan lagu sambil setting domain. Tiba-tiba iseng-iseng nulis. 

Terima kasih buat kalian yang sudah meluangkan waktu mampir di blog ku. Good luck yang mau Ujian Nasional (UN) dan buat teman-teman saya yang menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS).


Comments