Ditya's Blogger | Setelah SMA ...


Opening .....

Setelah SMA/SMK banyak dari kalian yang bingung apakah harus kuliah/kerja/menikah/pengangguran. Stop thinking, just act!

Bagi kalian siswa SMA, kalian dibina untuk belajar setara teoritis dan sedikit praktik. Biasanya kalian akan dibagi menjadi dua rumpun, yaitu rumpun IPA dan IPS. Ini memudahkan kalian dalam menentukan dimana passion kalian berada. Jika kalian IPA, kalian akan dihadapkan pada hal-hal matematis dan ilmu alam. Sedangkan, pada IPS kalian akan dihadapkan pada teoritis dan matematis yang sedikit berbeda dengan IPA.

Bagi kalian siswa SMK, kalian dibina untuk lebih memahami praktik dengan teori seadanya sebagai pelengkap dalam menjalankan praktik. Sejak awal kalian sudah dihadapkan dengan jurusan yang akan menjadi fokus kalian selama 3 tahun menjalani pendidikan.

Bekerja ...

Hal ini agak berat bagi kalian lulusan SMA, pasalnya kalian sama sekali belum mendapat praktik nyata dalam dunia kerja atau biasa disebut Praktik Kerja Lapangan (PKL). Peluang kalian diterima kerja pun akan lebih kecil. Paling banter kalian jadi guru les private atau di lembaga bimbingan belajar atau sales marketing.

Lain dengan lulusan SMK, mereka sudah menghadapi yang namanya PKL tadi. Otomatis mereka sudah siap baik secara mental maupun pengalaman saat menghadapi pekerjaan yang akan digelutinya. Pekerjaan yang bisa digeluti tak bisa dianggap remeh, misalkan teknisi PLN atau TELKOM. Terdengar bergaji rendah, tapi pekerjaan ini membutuhkan skill dan pengetahuan yang mendalam soal jaringan dan kelistrikan.

Kuliah ...

Bagi siswa SMA, kalian bisa mengambil langkah ini. Kalian dapat mengembangkan ilmu kalian lebih dalam dan yang nantinya akan berguna dalam bekerja. Dalam perkuliahan kalian juga akan melakukan PKL, jadi kalian juga akan mudah beradaptasi dalam lingkungan kerja. Selain itu, kalian yang lulusan S1 akan lebih mudah mendapat pekerjaan (tergantung prodi kalian masing-masing, akan saya bahas di next post).

Bagi siswa SMK, tidak ada salahnya sehabis lulus SMK kalian masuk ke perguruan tinggi. Di sini kalian dapat menambah wawasan terhadap fokus kalian di bidang yang kalian tempuh di SMK. Keuntungan yang kalian terima, misalkan kalian masuk Teknik Informatika dan kalian lulusan SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) kalian akan lebih mudah dalam belajar pemrograman karena sudah kalian pelajari di SMK.

Menikah ...

Baik kalian dari SMA ataupun SMK, saya tidak merekomendasikan hal ini dan kalian dapat membaca dampak menikah muda

Saat kalian menikah pikirkan matang-matang segala baik dan buruknya, minta saran dan nasihat dari orang tua. Jika kalian berpikir menikah muda untuk menjauhi maksiat maka langkah yang harus kalian tempuh adalah JANGAN PACARAN. 
"Saat kalian sudah mencapai sukses, cinta yang berkelas akan datang dengan sendirinya"

 Pengangguran ...

"Malu jadi BENALU. Malu karena MINTA MELULU"
Itu saja quote yang bisa menggambarkan kalian yang ingin menganggur..

Akhir kata saya mohon maaf, keputusan ada di tangan kalian. Kalian lah yang menentukan masa depan kalian bukan orang tua ataupun nilai A di rapor kalian. Nilai hanya memudahkan kalian sampai di meja wawancara tapi tak selamanya sampai di meja kerja. 

Comments