Ditya's Blogger | Tips Handal Mengelola Keuangan Selama Merantau


"Ma, Uang ku habis..."
Kata-kata di atas biasanya sering terucap pada awal-awal masa perantauan. Aku sendiri tak menampik bahwa hal ini sering terjadi. Kesibukan demi kesibukan yang melanda mulai dari tugas-tugas dosen, laporan-laporan praktikum dan panitia di acara Fakultas membuat aku tak bisa mengontrol keuangan ku. Uang mengucur tiada henti tanpa sadar batasan yang ada di saldo ATM. Memang terkesan tak tahu diri, tapi memang sangat sulit untuk me-manage keuangan dikala kesibukan yang total.

Berikut adalah tips handal mencegah tanggal tua di awal bulan...

(1) Say No To Traktir


Nge-traktir teman adalah awal dari kehancuran rantai perekonomian (Lebay, njir!). Sesekali boleh. Sering ? Nikmati saja awal bulan berasa akhir bulan. Sadari satu hal, kamu belum bisa menghasilkan uang tapi sudah berani menanggung orang lain.

(2) Set Your Priority

Uang bulanan memang untuk dihabiskan untuk keperluan mu. Tapi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hendaknya kalian membuat list prioritas. Tentukan sendiri mana yang Butuh, Tidak Terlalu Butuh dan Tidak Butuh

Jika kalian sudah bisa mengkategorikan keperluan kalian, maka kalian akan lebih mudah dalam management keuangan.

(3) Maksimalkan Uang


Besok dapat kiriman, tapi uang di ATM masih ada Rp 500.000, Eitss... Jangan langsung dihabiskan! Cobalah untuk tetap hemat, siapa tahu uang sisa tersebut bisa berguna di saat-saat yang tak terduga. Kalau kalian tabung, kan lumayan buat modal nikah abis lulus S-1.

(4) Buat RAB


RAB (Rancangan Anggaran Belanja) dapat kita gunakan untuk memudahkan dalam management keuangan dan melacak pengeluaran. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menentukan langkah yang sebaiknya diambil berdasarkan data-data yang ada di RAB tersebut.


Itulah tips agar kita tidak merasakan Tanggal Tua di Bulan Muda. Semoga kalian dimudahkan dalam management keuangan. Tetap hidup hemat dan rendah hati! Jika aku ada salah kata, mohon dimaafkan ya :)






Comments

  1. Mulai berpengalaman dah tu, Dit. Jadi anak rantau. Sukses terus. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak, Vera. Semangat ye kuliah nye..

      Delete

Post a Comment