Ditya's Blogger | 5 Hari Dengan Ubuntu 17.10, bagus atau tidak ?


Assalamualaikum, rek !

Pada 21 Oktober 2017 kemarin, aku membuat sebuah post yang membahas tentang kesan pertama ku dalam menggunakan Ubuntu 17.10. Sekarang aku akan memberikan sedikit review yang menurutku sangat penting agar kalian tidak tidak menyesal karena telah meng-install Ubuntu 17.10 ke PC/Notebook kesayangan kalian.

Spesifikasi Laptop Penulis

First of all, aku akan membahas tentang performance yang sedikit menurun dibandingkan saat aku menggunakan Ubuntu 17.04 LTS. Hal ini mungkin dikarenakan Ubuntu 17.10 masih baru rilis per tanggal 21 Oktober 2017 kemarin. Performa yang sangat terasa adalah saat kalian menonton video beresolusi 720p atau 1080p. Hal yang aku rasakan adalah terjadinya freeze selama kurang lebih 15 detik pada video maupun video player (VLC) tetapi suara tetap berjalan. Padahal saat aku menjajal video dengan kualitas 1080p di Ubuntu 16.04 akan terasa smooth saja. Hal lain yang terjadi saat menonton video adalah gambar yang tiba - tiba pecah. Selain itu, performa gaming yang kurasakan juga menurun. Sering terjadi lag padahal aku bermain dengan jaringan yang stabil dan ping yang baik.

Kedua, aku akan membahas tentang multitasking. Ubuntu dikenal merupakan Operating System yang ringan baik dalam konsumsi daya maupun konsumsi memory. Tapi, saat aku menjalankan banyak program dan mencoba kemampuan multitasking yang biasa tidak ada masalah di Ubuntu 17.04. Hasilnya adalah ada beberapa aplikasi mengalami freeze dan berujung pada crash.

Bahasan ketiga adalah connectivity. Permasalahan ini muncul saat aku sedang bermain games atau sedang online streaming, koneksi Wi-Fi tiba - tiba menghilang padahal saat aku cek di device lain, tidak ada masalah yang berkaitan dengan Wi-Fi.

Akhir kata, aku bukan bermaksud memberi rating yang jelek terhadap Ubuntu 17.10. Menurutku ini adalah hal yang wajar terjadi saat pertama kali sebuah Operating System dirilis. Bahkan Windows sekalipun juga tak luput dari yang namanya bug. Aku harap developer segera melakukan update software untuk mengurangi permasalahan - permasalahan baik dari yang aku rasakan maupun user lain. Terima kasih untuk kalian para pembaca Ditya's Blogger.
"Until next Articles, Stay Curious"
Wassalamualaikum, rek ! 

Comments