Ditya's Blogger | First Impression dengan Ubuntu


Salam Open Source!

Nama Ubuntu bagi sebagian orang awam sangatlah asing, atau mereka tahu nama itu tapi tidak tahu apa itu. Mungkin saja kalian pernah mendengar Linux ? Ubuntu sendiri adalah sistem operasi yang disponsori oleh Canonical Ltd. dan dikembangkan oleh Komunitas Ubuntu. Ubuntu merupakan project distribusi Linux berbasis Debian. Singkatnya Ubuntu merupakan keluarga Linux yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan fungsi - fungsi yang ada pada Debian.

Bersama tulisan ini, aku akan membahas 5 poin penting first impression atau kesan pertama saya dengan si Ubuntu ini.

UI (User Interface)


Gambar di atas merupakan UI dari Ubuntu Desktop. simple, itulah yang terpintas saat pertama kali Ubuntu masuk ke desktop. Pada sisi kiri kamu akan menemukan application drawer yang dapat kamu pilih secara bebas aplikasi apa saja yang kamu inginkan. Selanjutnya, pada sisi kanan atas ada system drawer di mana kita dapat mengatur konektivitas (Wi-Fi), Languange & Keyboard, Bluetooth, Thunderbird Mail, Sound, Date & Time dan system tray. Kelebihan lain yang aku rasakan adalah saat masuk dari halaman login ke Desktop terasa lebih cepat dibandingkan windows.

Power Management


Perbedaan signifikan saya temukan juga pada sektor ketahanan baterai. Pada Windows, Screen On Time yang saya dapatkan adalah berkisar 1 jam - 1.5 jam. Sedangkan pada Ubuntu saya bisa mendapatkan Screen On Time sekitar 2 jam. Hal ini tentu saja terjadi karena Windows membutuhkan resource lebih banyak dibandingkan Ubuntu saat berjalan. 

Memory Management


Mungkin kalian, para user Windows akan merasakan lag saat menjalankan banyak aplikasi, tapi hal ini berbeda dengan yang aku rasakan di Ubuntu. Multitasking berjalan smooth. Saat aku mengetik artikel ini, aku sedang menjalankan aplikasi LINE, VLC dan Whatsapp Web serta men-download beberapa anime. And I feel no lag anymore. Tapi, sekali lagi saya beritahu, hal ini terjadi karena proses yang berjalan pada Ubuntu lebih sedikit dibandingkan proses yang berjalan di Windows. Oleh karena itu, aplikasi - aplikasi yang berjalan pada Ubuntu dapat berjalan dengan optimal.

Akhir kata, aku mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan ku. Tapi, aku dapat menjamin semua yang tertulis di sini adalah pengalaman pribadi ku. Aku minta maaf jika ada pihak yang tersinggung. Keputusan menggunakan Windows atau Ubuntu adalah murni keputusan kalian. Bagi kalian yang Gamers aku sarankan untuk tidak menggunakan Ubuntu karena di Ubuntu gak ada Games seperti Point Blank, The Evil Within, dll. Tapi, bagi kalian yang merupakan penulis, tidak ada salahnya mencoba Ubuntu ini karena selain ringan, Ubuntu juga GRATIS ! thank you :)

Bagi kalian yang ingin download silahkan ke sini
"Until next Articles, Stay Curious"
Salam Open Source !

Comments